Senin, 26 November 2012

Perusahaan dalam Lingkungan Manajemen



Perusahaan dalam Lingkungannya
Perusahaan adalah suatu sistem fisik, yang dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem fisik perusahaan adalah sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalikan oleh manajemen, menggunakan informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa tujuan-tujuannya tercapai. Sedangkan sistem konseptual perusahaan adalah sistem lingkaran terbuka, dalam arti berhubungan dengan lingkungannya.
Delapan Elemen Lingkungan
1.    Pemasok menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya.
2.    Pelanggan perusahaan, yang mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai barang atau jasa yang dihasilkan.
3.    Serikat buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga kerja tidak terampil.
4.     Masyarakat keuangan, yaitu lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perussahaan.
5.    Pemegang saham atau pemilik adalah orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
6.    Pesaing mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasaran.
7.    Pemerintah, pada tingkat pusat, daerah, dan lokal, memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
8.    Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya.

Keunggulan Kompetitif

Pada akhir 1980-an muncul istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang bernama keunggulan kompetitif (competitive advantage). Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan  harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari para pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, keunggulan kompetitf mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran.

Beberapa perusahaan yang telah mendapat publikasi luas, karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif :
1.    American Airlines dengan sistem pemesanan penerbangan yang disebut Sabre.
2.    American Hospital Supply dengan jaringan EDI (electronic data inter change).
3.    McKesson Drug dengan sistem distribusinya yang disebut Economost.


Perencanaan  strategi Perusahaan
Perencanaan strategi perusahaan juga dikenal sebagai perencanan jangka panjang, karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai tujuannya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar