Perusahaan
dalam Lingkungannya
Perusahaan adalah suatu sistem fisik, yang dikelola
dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem fisik perusahaan adalah
sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalikan oleh manajemen, menggunakan
informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa tujuan-tujuannya tercapai.
Sedangkan sistem konseptual perusahaan adalah sistem lingkaran terbuka, dalam
arti berhubungan dengan lingkungannya.
Delapan
Elemen Lingkungan
1.
Pemasok
menyediakan
material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk
memproduksi barang dan jasanya.
2.
Pelanggan
perusahaan,
yang mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai barang atau jasa yang
dihasilkan.
3.
Serikat
buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun
tenaga kerja tidak terampil.
4.
Masyarakat
keuangan, yaitu lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang
tersedia bagi perussahaan.
5.
Pemegang
saham atau pemilik adalah
orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen
tertinggi.
6.
Pesaing
mencakup
semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasaran.
7.
Pemerintah,
pada tingkat pusat, daerah, dan lokal, memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang
dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi
dan dana.
8.
Masyarakat
global adalah wilayah geografis tempat perusahaan
melaksanakan operasinya.
Keunggulan Kompetitif
Pada
akhir 1980-an muncul istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang bernama keunggulan kompetitif (competitive advantage). Keunggulan
kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan
jasa dengan harga yang murah,
menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari para pesaing, dan memenuhi
kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, keunggulan kompetitf mengacu pada
penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage
di pasaran.
Beberapa perusahaan yang telah
mendapat publikasi luas, karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan
kompetitif :
1.
American
Airlines dengan sistem pemesanan penerbangan yang disebut Sabre.
2.
American
Hospital Supply dengan jaringan EDI (electronic data inter
change).
3.
McKesson
Drug dengan sistem distribusinya yang disebut Economost.
Perencanaan
strategi
Perusahaan
Perencanaan
strategi perusahaan juga dikenal sebagai perencanan jangka panjang, karena
mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang
paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi
untuk mencapai tujuannya tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar