Sabtu, 06 November 2010

Perkemubangbiakan Makhluk Hidup

A. Perkembangbiakan Hewan :
A. Perkembangbiakan Hewan Perkembangbiakan hewan ada dua cara, yaitu perkembangbiakan secara kawin (seksual/generatif) dan tidak kawin (aseksual/vegetatif).

Jenis Perkembangbiakan :
Perkembangbiakan hewan secara vegetatif adalah perkembangan tanpa melalui perkawinan. Jadi, hanya dibutuhkan satu induk saja untuk berkembangbiak. Individu yang dihasilkan memiliki sifat persis seperti induknya.Perkembangbiakan hewan secara vegetatif ada dua macam, yaitu tunas dan fragmentasi. Perkembangbiakan hewan secara generatif terjadi jika terjadi pembuahan. Individu yang dihasilkan akan memiliki sifat perpaduan dari hedua induknya. Perkembangbiakan hewan secara generatif ada tiga, yaitu bertelur, melahirkan, serta bertelur dan melahirkan. Perkembangbiakan Hewan secara Generatif Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif Jenis Perkembangbiakan

Bertelur (Ovipar) :
Bertelur (Ovipar) Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Ovum (telur) dihasilkan oleh hewan betina dan akan dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh hewan jantan. Proses pembuahan ovum oleh sperma terjadi di dalam tubuh induk betina dan ada yang terjadi di luar tubuh induk betina. Pembuahan di dalam tubuh induk betina dinamakan pembuahan internal. Pembuahan di luar tubuh induk betina dinamankan pembuahan eksternal. Contoh hewan yang bertelur diantaranya:

Contoh Hewan Ovipar :
Contoh Hewan Ovipar Katak Katak jantan biasanya tubuhnya lebih kecil dari katak betina. Katak jantan merangsang katak betina untuk bertelur, kemudian katak jantan mengeluakan spermanya dan membuahi telur katak betina. Telur itu kemudian menetas dan menjadi berudu.

Melahirkan (Vivipar ) :
Melahirkan (Vivipar ) Hewan yang melahikan adalah bangsa mamalia. Mamalia ada yang hidup di darat dan di air. Baik di darat maupaun di air mamalia berkenbangbiak dengan cara melahirkan. Hewan betina mrnghasilkan sel telur. Telur itu kemudian dibuahi oleh sel sperma hewan jantan dan kemudian terbentuk zigot (calon bayi). Zigot tumbuh menjadi embrio dan berkembang di dalam rahim. Zigot memperoleh makanan langsung dari induk betina.
Contoh Hewan Vivipar :
Contoh Hewan Vivipar Anjing Anjing adalah hewan mamalia, karena anjing betina mengandung anaknya, lalu melahirkan dan menyusui langsung.

Bertelur dan Melahirkan (Ovovovipar) :
Bertelur dan Melahirkan (Ovovovipar) Pada hewan ovovivipar, pembuahan terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah terjadi pembuahan terbentuklah telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Makanan zigot hanyalah cadangan makanan di dalam telur, bukan langsung dari induk betinanya. Embrio akan tumbuh menjadi janin. Janin yang hidup akan tumbuh sampai satu meter atau lebih sebelum lahir. Setelah titu embrio tumbuh sempurna menjadi janin di dalam rahim, induk betina akan melahirkannya.

Contoh Hewan Ovovivipar :
Contoh Hewan Ovovivipar Plathypus Plathypus adalah contoh hewan Ovovivipar, karena plathypus berkembangbiak dengan bertelur, tetapi setelah itu dia juga menyusui anaknya.


Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif :
Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif Perkembangbiakan hewan secara vegetatif adalah perkembangan tanpa melalui perkawinan. Jadi, hanya dibutuhkan satu induk saja untuk berkembangbiak. Individu yang dihasilkan memiliki sifat persis seperti induknya.

Jenis Perkembangbiakan Vegetatif :
Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Perkembangbiakan hewan secara vegetatif ada dua macam, yaitu tunas dan fragmentasi. Tunas anemon laut tumbuh pada tubuh induk anemon laut. Tunas tersebut mirip dengan induknya. Ketika tunas tersebut sudah dapat hidup mandiri, tunas akan memisahkan diri dari induknya. Fragmentasi Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan dengan pemisah (memutuskan) diri. Kedua bagian tubuh yang telah terputus tersebut dapat tumbuh menjadi dua individu baru.

Contoh: cacing pipih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar